Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel ini belum pernah diterbitkan sebelumnya, atau tidak sedang berada dalam proses penerbitan di jurnal lain (berikan komentar untuk Editor apabila diperlukan).
  • Artikel berada dalam format file Microsoft Word (.doc atau .docx), OpenOffice, atau RTF (.rtf)
  • Daftar referensi/daftar pustaka harus mencantumkan URL/alamat internet dari referensi yang digunakan.
  • Artikel ditulis dalam format spasi tunggal (1 spasi); menggunakan huruf Times New Roman; menggunakan ukuran 12pt; menggunakan italis (huruf miring) dan bukan underline (garis bawah, kecuali untuk alamat URL internet); dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan di dalam artikel pada tempat yang sesuai (bukan diletakkan di akhir artikel).
  • Artikel yang dikirim memenuhi persyaratan gaya penulisan (style) dan kepustakaan (bibliographic) sesuai pada Author Guidelines.
  • Semua bentuk gambar dan ilustrasi harus disimpan menggunakan file terpisah berformat JPG, PNG, atau TIFF dengan resolusi minimal 300 dpi. File diberi nama sesuai urutan tampil di dalam artikel.

Author Guidelines

1. Artikel yang dikirimkan kepada JRI, belum pernah dan tidak boleh dipublikasikan pada jurnal lain.

2. Artikel ditulis dalam format spasi tunggal (1 spasi); menggunakan huruf Times New Roman; menggunakan ukuran 12pt; menggunakan italic (huruf miring) dan bukan underline (garis bawah, kecuali untuk alamat URL internet); ukuran kertas A4 dengan spasi rata 2,5 cm; dan semua ilustrasi, gambar, dan tabel diletakkan di dalam artikel pada tempat yang sesuai (bukan diletakkan di akhir artikel).

3. Artikel harus disertai abstrak dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, masing-masing tidak lebih dari 250 kata.
a. Abstrak artikel penelitian meliputi pendahuluan, tujuan penelitian, bahan dan cara, hasil, kesimpulan, dan kata kunci (masing-masing bagian dipisahkan dengan jelas).
b. Abstrak laporan kasus meliputi definisi kasus, uraian singkat, alasan dilaporkannya kasus tersebut, dan kata kunci.
c. Abstrak tinjauan pustaka meliputi latar belakang masalah dan pentingnya masalah, tujuan penlisan, hasil yang diharapkan/ingin dicapai, dan kata kunci.

4. Jenis artikel yang dapat dimuat adalah:
a. Penelitian (maksimum 10 halaman dengan 35 referensi)
b. Laporan kasus (maksimum 10 halaman dengan 20 referensi)
c. Tinjauan pustaka (maksimum 10 halaman dengan 40 referensi)

5. Index Medicus dan Index of Indonesian Learned Periodicals (PDIN 1974) dapat dijadikan acuan untuk singkatan nama jurnal atau berkala dan kata kunci.

6. Judul artikel tidak melebihi 16 kata, judul yang panjang dapat dipecah menjadi anak judul. Kata singkatan harus ditiadakan dalam judul.

7. Nama penulis harus dituliskan dengan lengkap tanpa singkatan dan tanpa gelar. Nama institusi/afiliasi harus ditulis lengkap tanpa singkatan dan dengan alamat yang jelas.

8. Penulisan referensi/rujukan menggunakan vancouver style  yaitu sesuai dengan urutan penampilannya dalam karangan. Diharapkan menggunakan piranti lunak pengolah referensi untuk memudahkan dan menyeragamkan format sitasi dan daftar pustaka.

9. Pernyataan terima kasih diketik dalam lembar tersendiri; nama yang tercantum harus disertai gelar dan alamat tempat bekerja.

10. Gambar yang dimuat dalam artikel tidak melebihi 10 buah, dan diberi keterangan di bawahnya. Selain itu, seluruh gambar dan ilustrasi dalam artikel harus diunggah dalam file tersendiri dengan resolusi minimal 300 dpi dan diberi nama sesuai urutan kemunculan pada artikel.

11. Tabel dan diagram harus diberi nomor, judul, dan keterangan. 

12. JRI tidak menerima naskah yang dikirimkan melalui pos. Semua pengiriman artikel dilakukan secara online.

 

Privacy Statement

Names and e-mail adresses submitted to JRI will only be used for the purpose of JRI and articles publication and will not be used for any other purposes or handed to other parties.